Kredit Pemilikan Rumah, Punya Rumah Jadi Mudah

Memiliki rumah di usia yang masih muda sedang menjadi trend di kalangan anak-anak muda di jaman sekarang. Hal yang selalu menjadi kendala utamanya adalah uang atau biaya untuk membeli rumah. Namun, saat ini hampir semua bank menawarkan layanan kemudahan dalam memberi rumah yang di sebut dengan kredit pemilikan rumah.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK), kredit pemilikan rumah adalah fasilitas yang disediakan oleh perbankan pada nasabah yang ingin membeli rumah. Layanan ini sekaligus dapat menjadi alternatif untuk anda yang ingin memiliki rumah, namun dana tunai yang anda miliki belum mencukupi.

Alternatif ini cukup banyak diminati karena pembeli cukup menyediakan uang muka untuk memulai akad. Selain itu, kemudahan lain yang menarik minat konsumen adalah jangka waktu pembayarannya yang panjang, serta angsuran pembayaran yang dapat menyesuaikan dengan banyaknya penghasilan pembeli.

Waspada dan Perhatikan Hal Berikut…

Bagi anda yang baru akan melakukan kredit rumah murah dengan cara ini, berikut ini adalah hal-hal apa saja yang harus anda perhatikan sebelum melakukan akad kredit rumah :

  1. Pastikan tidak ada masalah dalam hal sertifikat, baik itu sertifikat rumah maupun sertifikat tanah. Pastikan juga isi IMB sesuai dengan kenyataan di lapangan. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa rumah yang akan anda beli tidak berada di lokasi sengketa atau lokasi yang belum memiliki izin resmi
  2. Pilih developer yang bisa dipercaya untuk melakukan kredit pemilikan rumah. Developer yang kredibel pasti memiliki surat izin yang jelas serta memiliki sertifikat tanah SHGB atau HGB. Cek juga lokasi rumahnya serta kelayakan sarana dan prasarana yang ditawarkan
  3. Hindari transaksi yang hanya bermodalkan kuitansi biasa dan kepercayaan. Jika terjadi sesuatu, bank tidak menerima transaksi seperti itu. Buat perjanjian atau akta jual beli resmi di hadapan notaris agar lebih terpercaya dan anda terlindungi dari penipuan

Selanjutnya, anda akan menghadapi akad dalam proses kredit ini. Untuk menghindari kerugian dan kekeliruan, simak penjelasan tentang informasi apa saja yang harus anda dipahami sebelum akad kredit rumah murah.

Informasi yang Perlu Di Sampaikan Pada Debitur Saat Akad Kredit Rumah

  1. Angsuran Per-bulan dan Jangka Waktu Kredit

Calon pembeli berhak memilih jangka waktu pembayarannya, dengan begitu dia akan tahu berapa angsuran KPR tiap bulannya. Sistem bunga dan besaran bunga tiap bulannya juga harus dijelaskan sebelum akad dimulai.

  1. Konsekuensi 

Hal ini berhubungan dengan apa yang akan dilakukan bank jika debitur menunggak angsuran kredit rumah murah. Serta menginformasikan bagaimana cara mempercepat pelunasan dan besaran denda percepatannya.

  1. Fasilitas

Menyangkut tentang apa saja yang didapatkan oleh debitur dalam mengajukan kredit pemilikan rumah. Termasuk jika debitur mendapat fasilitas subsidi dari pemerintah, maka pihak bank wajib menjelaskan bagaimana prosesnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *