Cara Cek Masa Subur dengan Ovutest secara Benar

Keputusan menggunakan Ovutest untuk mengetahui masa subur itu sudah benar. Namun mungkin ada yang belum tahu dengan langkah caranya penggunaannya dengan secara tepat dan benar. Berikut ini ialah cara Cek Masa Subur dengan Ovutest secara benar.

Langkah Pertama

Beli alat test ovutest nya dengan secara benar, yakni cek kemasan masih dalam kemasan yang rapat dan utuh lalu cek masa kadaluarsanya. Jangan sampai melebihi batas waktu tanggal kadaluarsanya.

Langkah Kedua

Hitung jarak antara hari pertama menstruasi atau masa haidnya, hingga hari terakhir sebelum masa menstruasi atau haid yang berikutnya. Baru lalukan testnya agar bisa akurat hasilnya. Siklus menstruasi atau haid yang normal itu ialah berkisar antara 25 hari hingga 35 hari. Pada setiap satu kali siklus menstruasi atau haid maka seorang wanita subur akan mengalami saat ovulasi pada waktu 14 hari sebelum masa menstruasi atau haid yang berikutnya terjadi. Sedangkan apabila siklus menstruasi atau haidnya ialah 30 hari an, maka sebaiknya test masa suburnya dilakukan mulai pada hari yang ke 14 dan 3 hari berikut yang selanjutnya sampai diperoleh hasil yang positif.

Langkah Ketiga

Jelang saat test atau sekitar 2 jam sebelum pengambilan urin sebagai media testnya maka mulai kurangi minum. Perhatikan juga agar wadah penampung urin nya dalam keadaan yang kering serta bersih, lalu bisa mulai untuk mengumpulkan urin, yakni urin yang keluar di siang hari sampai sore hari yakni sekitar pukul 10.00 pagi hingga pukul 20.00 malam, dan jangan pergunakan urin yang pertama-tama keluar pada saat pagi harinya.

Langkah Keempat

Mulai celupkan ujung ovu strip pada cairan urinnya. Kemudian perlu juga diusahakan agar strip tidak melebihi garis batas yang ada tulisan MAX pada bagian stripnya. Lalu tinggal didiamkan sekitar selama 35 detik.

Langkah Kelima

Kemudian segera langsung baca hasil tesnya dalam rentang kurun jangka waktu sekitar 5 menit sampai 10 menit setelah pengambilan sampel urin pada Ovutest strip. Dengan demikian maka bisa diharapkan hasilnya akan nisa valid dan akurat.

Jangka Waktu Hasil Test

Apabila hasil Ovutest Strip nya tersebut terbaca positif, maka bisa dipastikan bahwa masa ovulasi atau masa suburnya itu akan terjadi sampai selama 24 jam berikutnya. Lalu apabila selama kurun waktu dua kali masa siklus haid dan masih tetap saja belum mendapat hasil yang positif maka sebaiknya segera lakukan konsultasikan ke dokter.

Cara Kerja Ovutest

Ovutest akan bereaksi setelah terkena urin. Apabila alat test pack kehamilan akan memperhatikan tingkat hormon hCG yang dikandung pada urinnya wanita, yang diukur guna menentukan telah terbentuknya embrio yang ada di dalam uterus wanita, atau belumnya, maka pada Ovutest atau alat test pack kesuburan itu akan memperhatikan kandungan hormon LH (Luteinizing Hormone) pada urin wanita, yang diukur guna mengetahui terjadi atau tidaknya peningkatan hormon LH pada tubuh wanita yang menandakan bahwa tubuh wanita bersangkutan sedang ada pada masa subur atau masa ovulasi atau tidaknya.  

Apabila seorang wanita dalam masa ovulasi atau masa subur maka kondisi sel telurnya sudah benar-benar matang sehingga dengan demikian maka akan mulai lepas dari ovarium dan lalu mulai juga beralih ke rahim. Hal inilah yang disebut sebagai  masa puncak yang tersubur bagi wanita untuk dapat bereproduksi, hamil dan mengandung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *