Menggunakan Genset Bagi Pemula

Penggunaan genset tentu bisa saja membingungkan bagi yang belum berpengalaman. Tentu bisa ditanyakan kepada pihak distributor genset tempat membeli. Namun bisa saja seseorang lupa cara menyalakannya karena tidak setiap hari digunakan.

Mengoperasikan Genset Bagi Pemula

Tahapan untuk menyalakan mesin genset adalah

  1. Cek bahan bakar

Tentu yang paling utama adalah periksa bahan bakar yang digunakan. Isi genset dengan bahan bakar sesuai kebutuhan. Jangan mengisi bahan bakar terlalu penuh. Tapi jangan juga mengisi bahan bakar terlalu sedikit

  1. Cek oli mesin. 

Pastikan oli pada mesin terisi sesuai dengan ketentuan. Jangan terlalu banyak mengisi oli yang bisa mengakibatkan genset seperti tersendat-sendat atau bahkan tidak bisa menyala. Oli yang digunakan juga harus sesuai dengan tipe bawaan. Jika ingin mengganti bisa ditanyakan kepada distributor genset dan harus sesuai dengan oli bawaan.

  1. Cek aki atau ACCU

Kondisi aki yang baik menandakan mesin genset dapat langsung menyala. Namun jika harus dinyalakan berulang kali maka kondisi aki sudah tidak baik. Maka aki harus dibawa ke tempat penyetruman aki untuk mengisi listrik.

  1. Cek saklar

Posisi ohm saklar dari sambungan listrik PLN harus dalam kondisi OFF saat akan menyalakan genset. Saklar pada mesin genset harus dipastikan pada posisi ON. Selain untuk memastikan genset bisa menyala, hal ini juga untuk menghindari kecelakaan kerja.

  1. Nyalakan genset

Jika semua kelengkapan sudah dipastikan dalam kondisi baik, maka mesin genset dapat dinyalakan. Tahap menyalakan genset adalah sebagai berikut,

  1. Choke pada mesin genset harus sudah berada pada posisi ON. Hal ini untuk mempercepat genset agar menyala saat dihidupkan. Choke biasanya diberi logo segitiga dan terletak di dekat carburator.
  2. Posisi tuas choke haruslah berada di puncak logo segitiga.
  3. Tuas pengatur udara berada pada posisi ON.
  4. Memanaskan genset

Seperti saat akan mengendarai kendaraan motor, maka mesin genset juga harus ada proses pemanasan terlebih dahulu. Biarkan mesin genset melakukan proses pemanasan sendiri selama 5 sampai 10 menit untuk menjaga stabilnya putaran sistem kerja mesin. 

Setelah 10 menit penambahan beban dengan menghidupkan panel satu-persatu secara berurutan dapat dilakukan. Hal ini juga untuk menjaga mesin genset lebih awet dan tidak cepat rusak. Sehingga tidak perlu membeli sparepart bahkan genset baru di distributor genset.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *