Tanda-Tanda Yang Sebabkan Gagal Ovulasi Meski Sudah Gunakan Kalender Ovulasi

Bagi Anda yang sudah menggunakan kalender ovulasi, namun ternyata mengalami gagal ovulasi, maka ada sesuatu yang tidak beres dengan kondisi tubuh Anda. Gagal ovulasi sendiri merupakan gangguan yang terjadi di sistem reproduksi perempuan saat sel telur tidak matang dan tidak bisa dibuahi oleh sperma.

Tanda-Tanda Terjadinya Gagal Ovulasi

Untuk mengetahui terjadinya gagal ovulasi, berikut adalah beberapa tanda-tanda yang perlu Anda ketahui.

  1. Tidak Mengalami PMS

Saat Anda sudah menikah, maka penting untuk membedakan kondisi antara hamil dan Pra Menstruasi Sindrom (PMS). Kondisi ini bisa Anda ketahui setelah terjadinya masa subur berlanjut saat menjelang menstruasi. Anda akan merasakan tubuh yang tidak nyaman, seperti sakit perut, sakit pinggang, sakit kepala, dan sebagainya.

Jika terjadi gagal ovulasi, Anda tidak akan merasakan adanya tanda PMS dan menstruasi pun menjadi tidak teratur.

  1. Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Hal yang membuat menstruasi Anda tidak teratur salah satunya karena gagal terjadi ovulasi. Ketidakteraturan menstruasi ini biasanya karena kadar hormon yang tidak seimbang. 

Bahkan juga bisa menimbulkan penebalan di dinding rahim yang membuat sel darah tidak dapat dilepaskan saat menstruasi disebabkan jadwal yang tidak teratur. Ini menjadi tanda bahwa indung telur tidak memproduksi telur yang berkualitas. 

  1. Perdarahan Secara Berlebihan Saat Menstruasi

Banyaknya jumlah darah menstruasi yang keluar bisa menjadi penanda kesuburan Anda. Namun, jika darah menstruasi keluar dalam jumlah yang berlebih bahkan sulit berhenti dan terjadi secara sering, maka ini bisa menjadi tanda telah terjadi gagal ovulasi.

Meskipun Anda menggunakan kalender ovulasi dan diketahui sudah masuknya di masa subur, tetapi ternyata darah menstruasi tersebut bercampur dengan sel darah yang sudah mati dan terjadi penumpukan di rahim.

  1. Tidak Menstruasi Dalam Waktu Yang Lama

Terjadinya gagal ovulasi oleh perempuan yang dalam masa subur, biasanya juga bisa ditandai dengan tidak mengalami menstruasi. Bahkan tidak sedikit dari perempuan yang hingga berbulan-bulan tidak mengalami menstruasinya. 

Hal inilah yang menjadi tanda bahwa telah terjadi masalah di organ reproduksi yang tidak berfungsi secara baik. Anda bisa saja mengalami gangguan hormon di dalam tubuh.

  1. Sedikitnya Darah Menstruasi

Darah menstruasi yang berjumlah sedikit, bahkan hanya mengalami menstruasi selama satu hari saja, hal ini bisa menjadi tanda terjadinya gagal ovulasi. Di mana darah yang keluar tidaklah normal, berwarna lebih cerah, dan bercampur dengan keputihan. 

Biasanya Anda juga tidak mengalami PMS secara berat. Kondisi seperti ini harus diwaspadai untuk kesuburan Anda. 

Dengan begitu, penting bagi perempuan untuk bisa peka dan merasakan adanya tanda-tanda di dalam sistem reproduksinya. Karena meskipun Anda sudah menggunakan kalender ovulasi dan mengetahui masa subur secara tepat, namun gagal ovulasi bisa terjadi dengan adanya tanda-tanda tersebut. Jika Anda menemui tanda-tandanya, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *