Tips Memilih Mainan TK Outdoor Awet Dan Aman

Mainan TK outdoor merupakan sebuah fasilitas yang menambah nilai sebuah tempat seperti yang kita temui di sekolah/preschool, taman ramah anak, airport, rumah sakit, daycare, hotel/resort, restoran, apartement, waterboom dan masih banyak tempat lainnya. Selain menjadi tempat bermain bagi anak-anak, wahana mainan tk outdoor juga bersifat edukatif untuk mendukung perkembangan anak. Berbeda dengan permainan indoor, mainan TK outdoor banyak terkena dampak cuaca seperti panas matahari, angin kencang dan juga air hujan. Oleh karena itu salah satu hal yang harus diperhatikan saat membeli sebuah mainan tk outdoor adalah tingkat keawetannya. Berikut ini dua tips memilih playgorund outdoor yang tepat agar awet digunakan dan tidak cepat rusak terkena perubahan cuaca.

  1. Memastikan jenis bahan yang digunakan

Air hujan, terik matahari, debu dan kotoran yang menerpa setiap hari tentu dapat membuat playground mengalami kerusakan seperti besi berkarat, kayu lapuk dan cat yang mengelupas. Untuk mengantisipasi hal tersebut jenis bahan yang digunakan tentu harus berkualitas. Sebagai referensi, Anda bisa memilih bahan dari besi yang sudah melalui proses hot galvanished dan dilapisi dengan cat powercoating. Untuk material berbahan plastik, Anda bisa memilih plastik LLDPE tebal yang dipasang dengan teknik tertentu sehingga lebih kuat dan tidak mudah ambruk saat dipasang.

  1. Garansi pembelian

Garansi pembelian juga menjadi salah satu hal yang tidak kalah penting. Biasanya garansi akan diberikan dalam jangka waktu tertentu. Dasar konstruksi dan rangka playground merupakan bagian vital yang cepat rusak. Dua bagian tersebut wajib masuk ke dalam item garansi. Tetapi akan lebih baik jika garansi mencakup seluruh bagian playground outdoor seperti tunnel, rangka, kain pelapis, slides dan beberapa bagian lainnya. Karena diletakkan di luar ruangan, playground outdoor memiliki kemungkinan rusak dan kotor yang lebih besar dibanding playground indoor. Pastikan produsen memberikan garansi sebagai untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan.

Selain kedua hal tersebut, Anda juga perlu memastikan jika playground benar-benar aman untuk digunakan bermain. Seluruh bagian playground harus sudah melalui proses finishing. Jangan sampai masih ada serat kayu ataupun bagian besi kasar yang belum difinishing sehingga dapat menyebabkan luka saat tersentuh kulit anak. Karena digunakan sebagai tempat bermain anak-anak, playground outdoor juga harus terbuat dari bahan yang tidak berbahaya. Anak-anak masih memiliki kecenderungan untuk menggigit atapun mengerat saat bermain. Bahan berbahaya pada playground dikhawatirkan dapat mengganggu pencernaan jika tidak sengaja digigit.

Playground mudah sekali kita temukan di berbagai tempat umum. Beberapa restoran fast food bahkan memiliki playground tersendiri untuk menarik konsumen anak-anak. Jika Anda tertarik untuk membangun playground pribadi di rumah ataupun di tempat usaha, tidak ada salahnya melakukan survey terlebih dahulu agar mendapat referensi produsen playground outdoor berkualitas.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *