Memasak Dengan Deep Fryer, Apakah Sehat?

Deep fryer – Terdapat aneka makanan renyah dan gurih seperti ebi furai, tempura, nugget, fried fish dan lainnya. Kulit bagian luarnya terasa sangat garing dan renyah dan bagian dalam yang lembut serta matang dengan sempurna. Tentu makanan ini sangat disukai banyak orang. Untuk mendapatkan makanan renyah luar dalam, teknik menggoreng yang digunakan jelas berbeda dari biasanya. Teknik terbaik untuk menciptakan makanan lezat ini ialah dengan menggunakan deep fryer. Sudah pernah mendengar atau melihat alat penggorengan yang satu ini? Sudah banyak toko peralatan daput yang jual deep fryer listrik maupun gas untuk kepentingan penggorengan.

Apa Itu Deep Fryer?

Deep fryer adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk kegiatan menggoreng aneka jenis bahan makanan. Dikatakan deep fryer karena mesin penggorengan ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan atau multifungsi. Mesin penggorengan ini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, melainkan juga oleh para pengusaha kuliner. Bahkan cukup mudah menemukan mesin deep fryer di restoran atau cafe-cafe ternama saat ini.

Ada banyak keuntungan dari penggunaan deep fryer. Fakta inilah yang membuat banyak orang tertarik menggunakannya untuk mempermudah aktivitas memasak. Semua fitur yang melengkapi sistem kerja deep fryer akan membantu kegiatan memasak Anda menjadi lebih mudah, lebih praktis, cepat, aman, dapur lebih bersih, hemat penggunaan peralatan menggoreng, hemat konsumsi minyak dan dapur terlihat lebih cantik.

Teknik Deep Fried dengan Deep Fryer, Sehatkah?

Deep fried adalah metode menggoreng dalam minyak panas dan banyak. Bahan gorengan akan terendam sepenuhnya ke dalam minyak panas dan akan diangkat serta diriskan saat matang secara merata. Cara menggoreng inilah yang kerap kali membuat orang enggan menggunakan deep fryer. Merendam bahan makanan di dalam minyak, tentu orang akan berfikir jika teknik ini tidak sehat, membuat makanan dipenuhi banyak minyak serta mengancam kesehatan. Namun nyatanya tidak demikian lho!

Teknik memasak deep fried menggunakan deep fryer nyatanya sehat dan tidak terlalu berminyak. Dengan catatan Anda memahami dengan baik tata cara penggorengannya. Dalam memasak menggunakan deep fryer, pastikan suhu minyak sudah pas antara 170 derajat celcius. Selain itu, pastikan tingkat ketebalan tepung yang membungkus bahan masakan sudah pas. Penggunaan lapisan tepung yang terlalu tebal akan membuat daging di dalamnya lebih berminyak bahkan tidak matang dengan sempurna.

Maka dari itu, sangat disarankan menggunakan lapisan tepung dengan ketebalan 2 mm saja. Ketebalan 2 mm dikatakan setara dengan 2 kali proses penepungan. Hasilnya, bahan masakan gorengan akan lebih tipis dan lebih krispi. Tepung yang tipis tidak menyerap banyak minyak dan membuat bagian kulit luar maupun dalamnya tetap lembut dan gurih. Kunci lainnya yang harus Anda patuhi dalam memasak teknik deep fried ialah memilih minyak yang sehat dan baru. Bagaimana, siap mempraktikkan teknik deep fried menggunakan deep fryer?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *