Permainan Edukatif Outdoor untuk Anak

Permainan edukatif adalah seluruh permainan yang memiliki unsur mendidik yang didapatkan dari sesuatu yang menjadi bagian dari permainan itu sendiri. Biasanya permainan edukatif juga memberikan respons positif atau rangsangan kepada indra pemainnya. Permainan edukatif biasanya digunakan untuk sarana belajar serta bermain anak usia dini ( umur 3 sampai 5 tahun ) atau berumur sama dengan anak yang sedang belajar di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK ( Taman Kanak-kanak ) dalam bentuk mainan outdoor TK.

Banyak jenis permainan edukatif yang dapat melatih dan membentuk karakter anak. Permainan edukatif umumnya dapat dilakukan baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Berikut adalah beberapa mainan anak TK outdoor edukatif yang dapat dimainkan di luar ruangan.

  1. Jembatan goyang

Jembatan goyang merupakan mainan berbentuk jembatan pada umumnya dan terbuat dari besi. Walau terbuat dari besi jembatan ini akan bergerak ketika diseberangi. Permainan ini berfungsi untuk melatih keberanian, keseimbangan, interaksi sosial serta ketertiban anak.

  1. Terowongan

Terowongan adalah permainan yang biasanya terbuat dari dua buah drum yang dibentuk seperti terowongan asli. Permainan terowongan bermanfaat untuk melatih gerakan tangan dan kaki anak, serta melatih ketertiban, keberanian dan keseimbangan.

  1. Perosotan

Perosotan merupakan salah satu permainan yang biasanya digunakan untuk melatih keberanian, keseimbangan, dan melatih ketertiban anak.

  1. Panjat tali

Prinsip permainan panjat tali hampir sama dengan permainan tangga majemuk. Bedanya tangga majemuk anak tangga yang digunakan terbuat dari besi dan memiliki kerangka berbentuk kubus. Berbeda dengan panjat tali yang memiliki anak tangga terbuat dari tali dan kerangka berbentuk segitiga. Tali yang digunakan sebagai pijakan pun hanya ada di kedua sisi segitiga bukan pada keempat sisi seperti tangga majemuk. Panjat tali merupakan permainan yang digunakan untuk melatih kekuatan serta mengembangkan gerak motorik tangan dan kaki.

  1. Ayunan

Permainan yang menjadi favorit anak-anak ini, juga memiliki fungsi yang tak kalah hebat dengan permainan lain, yaitu untuk melatih keberanian, ketertiban, melatih gerakan kaki dan tangan,  serta untuk melatih dan mengembangkan jiwa sosial anak.

  1. Jungkat-jungkit

Jungkat-jungkit merupakan permainan yang mengajarkan interaksi anak, melatih keseimbangan serta gerak motorik kasar anak.

  1. Tangga pelangi

Tangga pelangi adalah permainan yang memiliki bentuk seperti jembatan, berbentuk setengah lingkaran dan memiliki warna yang berwarna-warni. Karena berwarna-warni itulah yang menyebabkan permainan ini diberi nama tangga pelangi. Tangga pelangi memiliki manfaat yang hampir sama dengan permainan yang lain, yaitu untuk melatih kesabaran, ketertiban, keseimbangan, melatih gerakan kaki dan tangan serta untuk mengenal berbagai macam warna.

Itulah beberapa contoh mainan anak TK outdoor yang mampu melatih edukasi anak dalam berbagai kemampuan yang berbeda-beda. Meskipun demikian masih banyak permainan maupun cara lain untuk melatih anak mendapatkan pengalaman edukatif. Bagaimana tertarik untuk membelikan salah satu permainan edukatif tersebut bagi anak?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *