Jenis Beras yang Umum Digunakan Untuk Nasi Kotak

Nasi kotak merupakan makanan yang dikemas dalam box makanan baik berbentuk kotak maupun bentuk lainnya seperti bentuk lingkaran, persegi panjang, dan bentuk unik lainnya. Nasi box disebut nasi box karena kebanyakan menu makanan tersebut awalnya dikemas dalam kotak kertas agar lebih mudah dibagikan atau dibawa. Menu ini menjadi pilihan untuk orang yang mengadakan kegiatan atau acara yang melibatkan banyak orang tetapi tidak sempat menyiapkan makanan sendiri.

Nasi box dapat digunakan untuk berbagai acara.  Nasi kotak saat ini sudah banyak ditawarkan oleh jasa catering maupun rumah makan. Kini, nasi box makin familiar untuk berbagai acara, termasuk acara sakral. Menu nasi box juga dapat dipilih sesuai dengan keinginan pemesan dan dapat disesuaikan dengan acara yang diadakan. Jika Anda memiliki biaya yang cukup, nasi box dengan menu istimewa dan mewah dapat menjadi pilihan tepat. Tetapi jika dana yang tersedia terbatas, Anda dapat membeli paket nasi box murah.

Nasi yang digunakan untuk pesanan nasi box saat ini juga beragam. Setiap jenis beras memiliki karakteristik masing – masing. Berikut ini adalah jenis beras yang dapat Anda pesan untuk membuat nasi box

Pandan Wangi

Beras ini memiliki ciri khas berupa aromanya yang wangi. Selain harum, beras ini juga memiliki citarasa yang lezat. Ciri lainnya adalah bentuk beras pandan wangi agak bulat. Pandan wangi biasanya cocok digunakan untuk paket nasi box mewah

Rojolele

Ini adalah jenis beras yang berbentuk agak bulat dengan bagian ujung berwarna putih susu. Berbeda dengan beras pandan wangi, nasi dari beras rojolele tidak memiliki aroma wangi. Beras ini banyak dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari dan harganya lebih terjangkau dari pandan wangi.

IR 64

Ini adalah jenis beras yang harganya cukup terjangkau. Walaupun demikian, beras ini memiliki citarasa yang lezat dan banyak dimasak untuk konsumsi sehari-hari. Beras IR 64 memiliki rasa yang pulen saat dimasak. Namun beras ini tidak terlalu awet. Jika tidak dipakai selama 3 bulan lebih, beras tersebut akan menjadi agak pera.

IR 42

Beras ini memiliki bentuk seperti IR 64 tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Nasi dari beras IR 42 cenderung agak pera. Jenis beras ini lebih banyak digunakan untuk membuat nasi uduk, nasi goreng, atau nasi kuning

Beras Jepang

Beras Jepang memiliki ciri khas bulir berbentuk panjang dan sangat pulen saat dimasak. Beras Jepang termasuk beras super dibandingkan jenis beras lainnya. Beras ini cocok untuk membuat nasi bento, onigiri, dan nasi kuning.

Itulah beberapa jenis beras yang sering digunakan untuk nasi kotak. Selain itu, jenis lain yang bisa digunakan adalah mentik wangi susu dan beras merah. Untuk pilihan beras merah, ini dapat menjadi menu nasi box untuk orang – orang yang menjalani diet.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *