Pilih Galvalum atau Spandek?

Sudah tidak jaman lagi, penggunaan genteng untuk atap rumah. Metal menjadi salah satu yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini tidak terlepas akan keuntungan yang diberikan. Berbicara tentang atap metal, ada dua jenis atap metal yang banyak dipilih, yakni spandek atap dan galvalum atap. Lantas apa bedanya?

Atap galvalum

Atap galvalum merupakan jenis baja ringan dengan kualitas tinggi. Atap yang satu ini terbuat dari campuran galvanis, aluminium 55% dan zinc 45%. Campuran itu menjadikan atap galvalum memiliki daya tahan lama dan anti karat.

Daya tahan yang diberikan oleh atap yang satu ini hingga 50 tahun lamanya. Kelebihan lainnya dari atap ini pemasangan yang mudah karena bobotnya yang ringan. Selain itu, juga anti rayap dan tahan akan polutan.  Hal inilah yang membuat atap galvalum tidak akan mudah berkarat. Pastinya, atap ini juga tidak mudah kelupas.

Bahkan atap ini merupakan jenis atap ramah lingkungan karena bisa didaur ulang. Sayangnya, galvalum tidak bisa digabungkan dengan mortar dan beton sebab akan mempercepat korosi. Selain itu, atap ini juga bisa menyerap  panas matahari sehingga ruangan di bawahnya akan terasa panas di siang hari. Namun ini tetap menjadi pilihan utama karena durability terbaik, anti karat dan tahan akan berbagai jenis cuaca.

Atap spandek

Berbeda dengan atap galvalum, spandek atap merupakan atap yang fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya campuran silikon sebesar 1%. Maka tidak heran, atap yang satu ini memiliki tegangan tarik yang tinggi dan elastis. Bahkan, dengan hal ini menjadikan atap ini 4 kali lebih tahan dibandingkan jenis lainnya.

Sama halnya dengan galvalum, atap spandek juga mudah dalam pemasangannya. Bahkan, untuk cuaca yang buruk sekalipun, atap ini cukup aman. Dikarenakan sifatnya yang elastis menjadikan atap ini tidak mudah pecah.

Selain itu, atap ini memiliki berbagai pilihan warna dibandingkan dengan galvalum. Anda pun juga bisa mengatasinya sendiri. Sayangnya daya tahan atap ini hingga 20 tahun saja. Selain itu, daya serapnya juga tinggi. Sehingga saat siang hari, ruangan di bawahnya akan terasa panas. Bukan hanya itu, atap ini juga cukup bising saat hujan.

Lantas mana yang dipilih?

Baik jenis galvalum atap atau spandek atap memiliki keunggulannya masing – masing. Pastinya keduanya memiliki keunggulan akan daya tahan yang tinggi dan proses dalam pemasangannya yang mudah. Untuk pemilihannya, tentunya tergantung akan kebutuhan masing – masing. Namun dikarenakan atap spandek lebih mudah menyerap panas, makan atap ini sangat pas digunakan untuk rumah yang ada di dataran tinggi.

Itulah sedikitnya perbedaan antara kedua atap yang sering digunakan. Untuk pilihan tergantung akan kebutuhan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *