Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Belanda?

Banyak alasan para pelajar dari luar Belanda yang ingin sekali untuk menempuh pendidikan lanjutan di Belanda, misalnya saja karena keindahan dan arsitektur kota, biaya hidup yang rendah, sistem pengajaran yang cukup inovatif, ingin memperoleh pengalaman kuliah di Belanda, serta bisa menjelajahi negara lainnya. Tentunya asalan tersebut harus didukung dengan action yang tepat. Lalu bagaimana cara mendapatkan beasiswa ke Belanda ya?

Letter Of Acceptance

Nah, syarat utama pada mayoritas beasiswa ke Belanda adalah para calon penerima beasiswa harus sudah diterima terlebih dahulu pada universitas di Belanda. Untuk itulah, kamu saat ini harus mempersiapakan universitas mana dan jurusan apa yang akan kamu pilih. Usahakan jurusan yang saat ini kamu pilih linier dengan jurusan saat jenjang sarjana ya. Jangn lupa untuk selalu cek syaratnya, bagaimana roses aplikasi, serta batas terakhir tanggal pendaftaran. Nah, salah satu bukti bahwa calon pelamar sudah diterima oleh pihak universitas adalah terdapatnya surat penerimaan atau yang disebut dengan Leter of Acceptance. Surat ini terbagi menjadi penerimaan bersyarat atau tanpa syarat.

Memilih Jenis Beasiswa

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan beasiswa ke Belanda adalah memilih beasiswanya. Mengapa memilih? Karena pada beberapa beasiswa hanya dibatasi pada bidang-bidang keilmuan tertentu. Untuk itulah, kamu berkesempatan untuk memilih berbagai macam beasiswa ke Belanda yang telah disediakan dan tentunya harus sesuai dengan kriteria bidang keilmuan yang mereka inginkan ya. Jangan lupa untuk selalu pantau batas akhir pendaftaran dan pengumpulan berkas ya. Untuk itu, alangkah baiknya apabila saat ini kamu sudah mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan.

Proses Pendaftaran

Sama halnya dengan beasiswa luar negeri lainnya, beasiswa ke Belanda ini juga menggunakan sistem online melalui penyelenggara beasiswa, agen resmi, atau langsung ke universitasnya. Paling banyak, para calon penerima beasiswa tidak harus bisa menggunakan bahasa Belanda karena banyak program studi yang juga menggunakan bahasa Inggris.

Tentunya dengan keteguhan dan action yang tepat, maka seseorang pasti akan diterima oleh beasiswa ke Belanda untuk melanjutkan pendidikannya disana. Hal yang terpenting adalah tidak pernah patah semangat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *