Cara Mengetahui Kualitas Baja Ringan Terbaik

Baja ringan hadir dengan beragam kualitas dan harga yang berbeda. Biasanya kualitas baja ringan disesuaikan dengan harga jualnya. Inilah cara mengetahui kualitas baja ringan terbaik sehingga Anda tidak tertipu saat membeli.

  1. Lapisan Anti Korosi

Perhatikan lapisan anti korosi pada baja ringan. Setiap baja ringan memiliki lapisan anti korosi sebagai pelindung agar baja tidak mudah kerospos disebabkan cuaca maupun kondisi lingkungan sekitar, seperti halnya wilayah pesisir. Lapisan yang kerap digunakan yakni Zinc dan juga lapisan Aluminium Zinc.

Perlu diketahui bahwa harga baja ringan yang telah dilapisi dengan Zink memiliki harga lebih murah karena baja tersebut dapat bertahan dengan campuran semen namun tidak dengan air garam. Jadi tidak cocok digunakan pada bangunan di wilayah pesisir. Sedangkan baja ringan yang dilapisi dengan Aluminium Zinc memiliki harga yang lebih mahal karena lebih tipis, ringan dan lebih tahan terhadap korosi air garam, tapi baja ini tidak dapat tahan terhadap semen.

  1. Ketebalan Lapisan Anti korosi

Tingkat ketebalan lapisan anti korosi pada baja ringan harus dipertimbangkan. Ketebalan ini memiliki pengaruh pada ketahanan baja ringan dalam menopang beban. Lapisan Aluminium Zinc tidak boleh kurang dari 150 gram/m², sedangkan untuk lapisan baja Zinc tidak boleh kurang dari 180 gram/m². Apabila Anda tetap memutuskan untuk membeli baja ringan yang dilapisi anti korosi kurang dari nilai yang telah ditetapkan tersebut maka siap-siap untuk mengganti rangka atap dalam waktu dekat karena tidak dapat bertahan dalam waktu yang sesuai harapan. Maka dari itu pilihlah baja ringan terbaik dengan lapisan yang sesuai aturan.

  1. Sekrup Baja

Sekrup pada baja digunakan sebagai penyambung antara potongan baja dan baja. Nah, penggunaan sekrup guna menyambung baja ini berbeda antara baja berat dan baja konvensional. Untuk baja ringan, sekrup yang digunakan harus beralur kasar atau alur jarang-jarang, sehingga lempengan baja yag tipis dapat tepat berada antara alur sekrup. Hal ini menghasilkan sambungan  baja ringan lebih kuat menopang beban berat. Gunakan obeng untuk memutar sekrup agar pas dan tidak terlalu kencang. Baja ringan bisa cepat aus jika terlalu kencang dipasang dan jika terlalu longgar dapat kendor dalam waktu cepat.

  1. Garansi

Pilihlah baja ringan yang memiliki garansi pemakaian, instalasi dan garansi produksi. Hal tersebut diperlukan untuk memastikan bahwa baja ringan tersebut telah diuji coba ketahanannya terhadap nilai teganagan tarikan tinggi sehingga lapisan anti korosinya telah sesuai dengan nilai standar serta memastikan bahwa baja ringan tersebut juga telah di analisa menggunakan software khusus analisa konstruksi baja ringan.

Semoga cara mengecek kualitas baja ringan di atas dapat membantu Anda dalam mendapatkan baja ringan terbaik dengan kualitas sesuai yang Anda butuhkan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *